FITRA ALDHEN[Jakarta-BisMania.Com] Belum lama ini pihak Mercedes Benz Indonesia mengeluarkan produk terbarunya premium bus dengan tipe 0500R atau OH1836. Begitu pula pabrikan Scania yang diboyong oleh United Tractors telah lebih dahulu mengeluarkan produknya dengan tipe K360IB. Persaingan kedua merk ini mulai merambah di dunia transportasi darat Indonesia.
Pada kesempatan kali ini redaksi berkesempatan mencoba armada premium bus Scania K360IB dalam acara Road Test yang diselenggarakan oleh Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (SAN). Acara ini dilakukan pada hari senin (8/7) dengan rute mulai dari kantor PO. SAN di Pulo Mas hingga Bandung melalui Tol Cipularang. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan premium bus kepada media, “Selama ini kalau kita lihat di media, bus selalu identik dengan rem blong. Nah adanya kelengkapan semacam ini kecil kemungkinan rem bus blong,” kujar Kurnia Lesani Adnan. Selain armada Scania K360IB milik PO. SAN dihadirkan juga armada Mercedes Benz OH1836 milik PO. Blue Star. Pihak United Tractors (UT) dan Mercedes Benz Indonesia (MBI) serta beberapa pemilik perusahaan otobus pun turut serta dalam acara road test ini.
Rencananya bus dengan power besar dan tekhnologi yang mumpuni milik PO. SAN ini akan digunakan untuk rute Jakarta-Bengkulu. “Kami ingin menghadirkan pelayanan terbaik, dengan chassis bus premium yang kami nilai cocok dengan medan Sumatera,” kata Direktur Utama PO SAN, Kurnia Lesani Adnan. Selain itu Sani, sapaan akrab Kurnia, mengungkapkan mereka membeli tiga unit chassis Scania K360IB ini. Chassis ini merupakan chassis CKD yang dirakit oleh UT. Hal yang mejadi pertimbangan PO. SAN memilih K360IB selain memiliki tenaga yang besar, faktor kenyamanan juga tekhnologi yang ditawarkan Scania lah menjadi alasannya. PO. SAN merupakan operator bus pertama di Sumatera yang menggunakan chassis bus Scania.
Bus dipacu pada jalan menanjak sepanjang Tol Cipularang menuju Bandung, bus dengan tujuh percepatan itu bisa ‘berlari’ 80 hingga 125 km/jam dengan posisi perseneling tertinggi. Untuk tipe ini Scania menggunakan mesin tipe DC13 108 Euro III dengan kapasitas mesin 13.000 CC mampu menghasilkan tenaga 360HP. Selama berkendara bersama bus ini seperti sedang berada di dalam sebuah sedan yang ringan dalam menghadapi tanjakan. Manuver bus pun cukup lincah dan stabil ketika di test di rute tol Cipularang.
Untuk fitur keselamatan bus ini dilengkapi sistem pengereman yang diatur secara elektris dan diatur secara otomatis. Sistem pengereman full air brake yang disebut UT sebagai Air Processing Management System dan dilengkapi retarder membuat bus bisa lebih mudah dikendalikan saat harus mengerem mendadak. Untuk kenyamanan selama perjalanan bus ini pun dilengkapi dengan Air Suspension yang bisa meredam goncangan dalam perjalanan. Selain itu bus ini juga memiliki fitur Hill Hold yang dapat menjamin keamanan bus saat harus berhenti disaat tanjakan curam sekalipun.
Sementara itu, Andreas, Sales Manager PT. United Tractors selaku ATPM Scania di Indonesia, pihaknya menyambut baik keinginan PO. SAN untuk mencoba chassis Scania untuk lintasan di Sumatera. Selama ini bus Scania hanya dikenal di P. Jawa. “Kami siap memenuhi kebutuhan pelanggan untuk setiap medan yang berbeda,” ujarnya.
Kini Pulau Sumatera mulai dirambah oleh bus-bus bertenaga besar dan bertekhnologi canggih serta memiliki fitur yang menunjang kenyamanan, dan di cap sebagai premium bus. Sebelumnya di wilayah barat Sumatera telah hadir juga premium bus yang dikeluarkan oleh Mercedes Benz Indonesia dengan tipe 0500R atau OH1836 untuk melayani rute Medan-Banda Aceh. (na/bismania.com).
Pada kesempatan kali ini redaksi berkesempatan mencoba armada premium bus Scania K360IB dalam acara Road Test yang diselenggarakan oleh Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (SAN). Acara ini dilakukan pada hari senin (8/7) dengan rute mulai dari kantor PO. SAN di Pulo Mas hingga Bandung melalui Tol Cipularang. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan premium bus kepada media, “Selama ini kalau kita lihat di media, bus selalu identik dengan rem blong. Nah adanya kelengkapan semacam ini kecil kemungkinan rem bus blong,” kujar Kurnia Lesani Adnan. Selain armada Scania K360IB milik PO. SAN dihadirkan juga armada Mercedes Benz OH1836 milik PO. Blue Star. Pihak United Tractors (UT) dan Mercedes Benz Indonesia (MBI) serta beberapa pemilik perusahaan otobus pun turut serta dalam acara road test ini.
Rencananya bus dengan power besar dan tekhnologi yang mumpuni milik PO. SAN ini akan digunakan untuk rute Jakarta-Bengkulu. “Kami ingin menghadirkan pelayanan terbaik, dengan chassis bus premium yang kami nilai cocok dengan medan Sumatera,” kata Direktur Utama PO SAN, Kurnia Lesani Adnan. Selain itu Sani, sapaan akrab Kurnia, mengungkapkan mereka membeli tiga unit chassis Scania K360IB ini. Chassis ini merupakan chassis CKD yang dirakit oleh UT. Hal yang mejadi pertimbangan PO. SAN memilih K360IB selain memiliki tenaga yang besar, faktor kenyamanan juga tekhnologi yang ditawarkan Scania lah menjadi alasannya. PO. SAN merupakan operator bus pertama di Sumatera yang menggunakan chassis bus Scania.
Bus dipacu pada jalan menanjak sepanjang Tol Cipularang menuju Bandung, bus dengan tujuh percepatan itu bisa ‘berlari’ 80 hingga 125 km/jam dengan posisi perseneling tertinggi. Untuk tipe ini Scania menggunakan mesin tipe DC13 108 Euro III dengan kapasitas mesin 13.000 CC mampu menghasilkan tenaga 360HP. Selama berkendara bersama bus ini seperti sedang berada di dalam sebuah sedan yang ringan dalam menghadapi tanjakan. Manuver bus pun cukup lincah dan stabil ketika di test di rute tol Cipularang.
Untuk fitur keselamatan bus ini dilengkapi sistem pengereman yang diatur secara elektris dan diatur secara otomatis. Sistem pengereman full air brake yang disebut UT sebagai Air Processing Management System dan dilengkapi retarder membuat bus bisa lebih mudah dikendalikan saat harus mengerem mendadak. Untuk kenyamanan selama perjalanan bus ini pun dilengkapi dengan Air Suspension yang bisa meredam goncangan dalam perjalanan. Selain itu bus ini juga memiliki fitur Hill Hold yang dapat menjamin keamanan bus saat harus berhenti disaat tanjakan curam sekalipun.
Sementara itu, Andreas, Sales Manager PT. United Tractors selaku ATPM Scania di Indonesia, pihaknya menyambut baik keinginan PO. SAN untuk mencoba chassis Scania untuk lintasan di Sumatera. Selama ini bus Scania hanya dikenal di P. Jawa. “Kami siap memenuhi kebutuhan pelanggan untuk setiap medan yang berbeda,” ujarnya.
Kini Pulau Sumatera mulai dirambah oleh bus-bus bertenaga besar dan bertekhnologi canggih serta memiliki fitur yang menunjang kenyamanan, dan di cap sebagai premium bus. Sebelumnya di wilayah barat Sumatera telah hadir juga premium bus yang dikeluarkan oleh Mercedes Benz Indonesia dengan tipe 0500R atau OH1836 untuk melayani rute Medan-Banda Aceh. (na/bismania.com).
Komentar
Posting Komentar